INTERNASIONAL

Kasus Pembunuhan Kim Jong-Nam Bikin Hubungan Korea Utara dan Malaysia Memanas

MALAYSIA – Kasus pembunuhan Kim Jong-nam di wilayah hukum Malaysia berbuntut panjang. Selain kasus yang belum terungkap, sekarang hubungan Malaysia dengan Korea Utara (Korut) memanas.

Malaysia mengkaji ulang hubungan mereka dengan Korut dan memutuskan untuk menarik Duta Besar Malaysia di Pyongyang. Mereka juga meminta Duta Besar Korut di Kuala Lumpur untuk lebih terbuka. Saat ini, penyelidikan polisi berfokus pada pencarian empat warga Korut yang diduga terlibat dalam tindakan kriminal tersebut.

Meski demikian Duta Besar Korut Kang Chol mengatakan kalau dia tidak percaya dengan penyelidikan yang sudah dilakukan Malaysia. ”Sudah hampir tujuh hari sejak kejadian itu. Tetapi tidak ada bukti yang jelas mengenai penyebab kematian. Dan, saat ini kami tidak percaya dengan hasil penyelidikan tersebut meski hasilnya sudah ada,” katanya di hadapan wartawan.

PM Malaysia Najib Razak menyatakan sebaliknya. Najib menyebutkan kalau penyelidikan pemerintahannya akan objektif. ”Kami tidak punya alasan mengapa ingin membuat Korut terlihat buruk. Kami akan obyektif,” katanya di Kuala Lumpur. (Fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top