CIREBONPEDIA

Macan Ali dan KOCI Peringati Hari Sampah Dunia

koci-dan-macan-ali
Gerakan aksi memungut sampah dalam memperingati Hari Sampah Dunia, Laskar Macan Ali dan Komunitas Orang Cirebon (KOCI), pelajar, mahasiswa, GENBI serta Setiaku, melakukan bersih sampah jalanan di kota Cirebon

KILASCIREBON.COM, CIREBON – Dalam rangka memperingati hari sampah dunia, laskar agung nuswantara Macan Ali Kesultanan Cirebon bersama Komunitas Orang Cirebon ( KOCI) dan mahasiswa serta pelajar dan komunitas Setiaku di kota Cirebon melakukan gerakan pemungutan sampah di jalan protokol Siliwangi.

Masing-masing relawan membawa perakatan kebersihan seperti sapu lidi, serok dan kantung plastik untuk sampah organik dan non onorganik di sepanjang alun alun kejaksan sampai Gedung Negara Krucuk.

Raden Iman Sukirman didampingi Bedilla Fadil dari Laskar Agung Macan Ali kepada kilascirebon.com mengatakan bahwa kegiatan tersebut didukung oleh  Kementrian Lingkungan Hidup, Ibu Siti Nurbaya yang mencanangkan secara nasional.

“Dengan kegiatan tersebut kami berharap masyarakat semakin sadar kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya. Terutama sampah yang tidak mudah larut dan yang mudah larut seperti plastik agar dipisahkan,” ujar Raden Iman Sukirman.

Sementara itu humas KOCI Choy Maricoy di tempat yang sama mengungkapkan bahwa kegiatan sosial memungut sampah diikuti oleh ratusan anggota KOCI baik kota maupun kabupaten Cirebon, yang peduli pada kebersihan lingkungan terutama di tempat umum.

“Anggota KOCI dengan sukarela sama- sama turun ke jalan. Bukan hanya peralatan kebersihan saja yang dibawa terapi juga kami membawa perbekalan masing- masing. Kami berharap masyarakat semakin sadar lingkungan karena kebersihan itu adalah sebagian dari iman, ujar Choy Maricoy didampingi Ketua KOCI Cirebon Barat, Rangga Tameng Nur Jati.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon ibu Lili Eliyah SH. Dan Kepala Cabang PT. (Persero) Jiwasraya Wiwit Rasiadi yang juga turut bergabung dalam kegiatan Peringatan hari sampah dunia, menyambut baik kegiatan komunitas yang ada di kota dan kabupaten Cirebon yang secara mandiri ikut mensukseskan program pemerintah terutama kebersihan dan lingkungan hidup.

“Saya terkejut ketika dikabari teman-teman KOCI tentang kegiatan ini dan didaulat untuk turut aksi. Kami sangat apresiasi sekali, semoga menjadi contoh bagi yang lain,” ujar Lili Eliyah.

Begitu juga Kacab Jiwasraya Wiwit Rasiadi yang tanpa sungkan ikut memungut sampah di jalan Siliwangi  Cirebon, menyatakan kegembiraanya dapat ikut serta aksi sosial tersebut. “Ini kegiatan positif yang keren, ternyata bukan hanya plesiran saja tapi juga kegiatan sosial peduli lingkungan hidup, santunan serta relawan bencana alam menjadi program KOCI dan Laskar Macan Ali. Sebagai pendatang saya bangga,” ujar Wiwit R. (katavi)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top